Mbak Ita Petakan Prioritas Perbaikan Infrastruktur

Pemerintah Kota Semarang tengah memetakan rencana program pada anggaran perubahan. 

"Di perubahan, kami minta teman-teman DPU melakukan betonisasi dan aspalisasi," tegas Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat diwawancara pada Jumat (21/7/2023).

Mbak Ita memang meminta ada prioritas perbaikan infrastruktur pada anggaran perubahan 2024. Jalan-jalan yang kondisinya rusak diharapkan bisa diperbaiki pada anggaran perubahan. 

"Kami meminta infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan stunting masuk prioritas," jelas Mbak Ita terkait pembahasan RAPBD perubahan yang sedang dilaksanakan di DPRD Kota Semarang. 

Anggaran infrastruktur yang diprioritaskan meliputi perbaikan jalan dan saluran serta pembelian alat berat. 

"Pengendalian banjir harus mengeruk sedimen, pembelian pompa portabel. Bagaimana upaya mengendalikan banjir pada Oktober, November, Desember. Kami bersinergi dengan pemerintah pusat," paparnya.

Sementara, perbaikan infrastruktur pada 2023 ini juga telah dianggarkan di APBD 2023. Perbaikan infrastruktur jalan meliputi kawasan Simpanglima, Jalan Prof Hamka, Jalan MT Haryono, Simpang Pahlawan, Bundaran Tugu Muda, Jalan Pemuda, dan Jalan Gajahmada.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suryaty memaparkan, pengaspalan menggunakan aspal AC WC yang dikerjakan langsung oleh rekanan dari e-catalog. 

"Biasanya kan pengaspalan pemeliharaan dilakukan secara swakelola oleh tenaga aspal DPU dengan material tetep e-catalog. Tapi, untuk aspal AC WC tergelar berarti dilakukan langsung oleh pihak rekanan e-catalog," jelas Atik, sapaanya.

Bagikan Berita Ini