Mbak Ita Bangga Semarang Jadi Tuan Rumah Pornas Terbesar Sepanjang Sejarah

6000 atlet dari 101 kontingen , 38 propinsi dan 63 kementerian serta lembaga negara mengikuti Pekan Olahraga (Pornas) XVI Korpri 2023 Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan sejak Jum'at 14 sampai 21 Juli 2023.

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita merasa senang bisa menyambut para delegasi kontingen atlet 38 propinsi dengan welcome dinner di Lawang Sewu.

Selain berkompetisi, para atlet dan ofisial bisa menikmati destinasi wisata lainnya di Kota Semarang.

"Ini kan merupakan ikon kota Semarang, dan ada di tengah kota dan ini heritage destinasi wisata, dan atas nama pemkot Semarang maturnurun kepada keluarga besar korpri nasional bahwa bisa hadir di sini," katanya.

Mbak Ita juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah provinsi Jawa Tengah terselenggaranya Pornas XVI Korpri 2023 Jawa Tengah ada di Kota Semarang.

"Bahwa kota Semarang bersama-sama disuport pemprov untuk menjadi tempat luar biasa para ASN di seluruh Indonesia," katanya.

Oleh karenanya, guna semakin memeriahkan pertandingan cabor Pornas, Pemkot Semarang mengerahkan para suporter ASN ramai-ramai secara giliran pada tiap pertandingan.

"Kota Semarang menyumbang 23 atlet dari ASN dan akan dilepaas bersama-sama nanti berlaga di tingkat propinsi. Target Insyaalah Jateng jadi juara umum," katanya.

Pada Pornas XVI Korpri 2023 tercatat atlet dan ofisial yang terdaftar sebanyak 6000 orang dan 10 cabor yakni bola voli, basket, bulu tangkis, catur, futsal, gateball, tenis meja, tenis lapangan, balap sepeda dan senam Korpri.

Mereka akan memperebutkan total medali yaitu 54 emas, 54 perak dan 71 perunggu selama 11 hari gelaran Pornas XVI Korpri 2023.

"Di ikuti juga atlet nasional banyak, ini tak bisa dihindari, kita enggak bisa hindari mereka pns juga, kita enggak boleh melarang, ada atlet GM catur, bulutangkis mantan atlet, sepak bola atlet nasoinal juga ada karena mereka adalah pns," katanya.

Zudan Arif berharap, digelarnya Pornas XVI Korpri ini semakin memperkuat silaturahmi dan kebersamaan sesama ASN di seluruh Indonesia. Apalagi akan memasuki tahun politik.

Kemudian, tetap berprestasi sebab cabang yang dipertandingkan cabang olahraga berperstasi walaupaun ada satu cabang kebugaran yaitu senam sehat korpri.

"Jadi harapan kami kebersamaan, silaturahmi dan berprestasi, ASN harus sehat," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof Dr Zudan Arif Fakhrulloh SH menyampaikan, Pornas Korpri XVI di Semarang sangat luar biasa.

"Ini luar biasa ya ini adalah pornas korpri terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan sejak tahun 1971," ujar Zudan. 

Sejak digelar pada tahun 1971, Pornas XVI  Korpri 2023 di Semarang mampu memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak. Selain itu, ada penambahan cabor baru serta jumlah medali yang diperebutkan.

Pornas Korpri Jawa Tengah merupakan ajang pesta olahraga bergengsi yang diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada gelaran ke 16 kalinya ini digelar di Kota Semarang dari 13 Juli hingga 21 Juli 2023 di Stadion Jatidiri Semarang.

Bagikan Berita Ini